bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

FAQ RJM

1. Siapakah RJM?
  • RJM adalah Rajawali Jaya Makmur yang menyediakan layanan reservasi tiket kereta api (FASTKAI) dan pesawat terbang (FASTFLIGHT)dengan menggunakan sistem dari FastPay
  • Semua informasi harga tiket dan jadwal pesawat didapatkan secara real time dari sistem reservasi maskapai
  • Harga tiket, ketersediaan seat dan jadwal pesawat yang diinformasikan adalah valid pada waktu tersebut
2. Apa saja Layanan yang ada di RJM
  • Hampir semua tiket domestik sudah dapat anda pesan di FASTFLIGHT mulai dari Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink, AirAsia, Sky-Aviation, Merpati Airlines, Kalstar Aviation, Trigana, xpress Air, TransNusa dan Mandala Tigerair
  • Menyusul untuk layanan tiket Internasional
3. Mengapa Memilih RJM untuk Pesan Tiket Pesawat?
  • Pemesanan tiket dapat dilakukan secara Online tanpa harus meninggalkan aktifitas anda, atau
  • Pemesanan tiket bisa dilakukan langsung di tempat kami.
  • Harga tiket bersaing dan transparan
  • Selain tiket pesawat kami juga menyediakan layanan tiket kereta api, untuk reservasi hotel dan tiket bioskop dan pembayaran online akan segera menyusul.
4. Bagaimana Cara Reservasi Tiket Pesawat di RJM?
  • Silahkan anda cari jadwal penerbangan untuk mengetahui jadwal seluruh / All Maskapai yang anda inginkan di tempat yang kami sediakan
  • Setelah jadwal penerbangan anda temukan silahkan isi data anda di FORM PESAN TIKET ditempat yang telah kami sediakan dengan sebenarnya. Kesalahan dalam mengisi data bukan menjadi tanggung jawab kami.
  • Untuk langkah selanjutnya, kami akan melakukan booking/reservasi dengan memasukkan detail data penumpang anda sesuai Identitas (KTP/SIM/Pasport), Nomer Telp/hp dan data lainnya yang diperlukan.
  • KODE BOOKING akan kami kirimkan melalui email atau via sms sesuai dengan detail data yang telah anda isi, disertai dengan keterangan mengenai KODE BOOKING, jadwal kerangkatan , rute, harga dan pastinya time limit (batas pembayaran )
  • Perhatikan time limit dan catat kode booking. Lakukan pembayaran sebelum time limit, maksimal 30 menit sebelum time limit. Untuk reservasi yang melewati time limit akan akan tercancel by system maskapai dan tidak dapat diproses untuk pembayaran 
  • Kegagalan Booking Tiket dikarenakan keterlambatan pembayaran dan atau Error sistem di maskapai yang bersangkutan atau error sistem di RJM bukan menjadi tanggung jawab dan kesalahan kami. 
  • Khusus untuk AirAsia, untuk melakukan booking dan issued tiket AirAsia hanya dapat dilakukan 3 hari/72 jam sebelum keberangkatan, apabila kurang dari 3 hari atau sudah masuk 72 jam sebelum keberangkatan, transaksi secara otomatis akan di tolak.    
5.   Apa yang tidak boleh dilakukan dalam booking tiket?
  • Membuat double book/reservasi penumpang pada tanggal, penerbangan   dan jadwal yang sama. Hal ini bisa mengakibatkan di batalkannya reservasi anda oleh pihak airline.
6.   Apa saja yang bisa membuat book/reservasi gagal? 
  • Seat yang diminta sudah tidak ada, mengingat sistem reservasi online dimana semua pengguna airline bisa mengakses / mengambil seat yang tersedia. – Server airline sibuk (status airline bad).
7.   Apakah Kode book menentukan tempat duduk di pesawat? 
  • Kode book tidak menentukan tempat duduk di pesawat. Pemilihan   tempat duduk dilakukan pada saat pengurusan boarding pass di bandara.
8.   Bagaimana jika anda / penumpang kehilangan tiket ? 
  • Silakan melakukan reprint melalui Counter Airline bandara, sesaat  sebelum Check in. Harap selalu simpan kode booking anda, sehingga anda bisa melakukan reprint ulang di bandara.
9.  Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran?
  • Untuk pembayaran bisa dilakukan secara LANGSUNG ke tempat kami atau via transfer ke rekening yang telah kami sediakan. 
  • Issued Tiket akan kami lakukan setelah kami menerima transfer via mbanking atau kami telah menerima bukti transfer dari anda.
10. Bagaimana dengan Tiket?
  • RJM akan mengeluarkan struk setelah berhasil pembayaran, dan penumpang dapat notifikasi via sms dari RJM yang berisi data penerbangan dan konfirmasi bahwa pembelian tiket telah berhasil. Member bisa mnggunakan struk sebagai bukti reservasi yang dapat dipergunakan penumpang untuk ditukarkan menjadi e-tiket di counter maskapai atau bisa juga hanya menggunakan sms notifikasi dari RJM, dengan menunjukkan sms tersebut ke counter maskapai di bandara untuk mendapatkan e-tiket
  • RJM juga mengeluarkan e-tiket seluruh maskapai apabila status reservasi sudah issued/confirm, maka e-tiket akan dicetak dan dikirim ke alamat e-mail. 
11. Bagaimana Kalau Mau Melakukan Perubahan Jadwal?
  • Anda dapat melakukan perubahan jadwal penerbangan dengan menghubungi langsung pihak maskapai menghubungi langsung pihak maskapai melalui Call Centre:
    Mandala Tigerair: 021-2939-6688
    Merpati Airlines: 0804-1-621-621
    Lion Air (Group): 0804-1-77-88-99/(+6221) 6379-8000
    AirAsia: 021-2927-0999
    Citilink: 0804-1-08-08-08
    Sriwijaya Air: 0804-1-777-777-2
    Garuda: 0804-1-807-807/(+6221) 2351-9999)
    TransNusa: (+62380) 822-555
    SKY Aviation: (+6221) 330-555-09
    xpressair: 500890
    KALSTAR Aviation: (+6221) 2934-3456
    Trigana Air: (+6221) 3483-3942
  • Jika sudah melakukan perubahan jadwal dan setuju dengan biaya-biaya yang di minta pihak maskapai maka pastikan ke pihak maskapai untuk biaya-biaya yang harus Anda bayarkan dapat dibayar dikantor sales maskapai atau di counter bandara jauh hari atau pada waktu chek-in
12. Bagaimana Langkah untuk Melakukan Cancel/Refund Penerbangan?
  • Pembatalan disarankan langsung ke maskapai sehingga akan jelas mengenai informasi pengembalian dan potongan yang dikenakan. Jika sudah setuju untuk cancel dan sudah dieksekusi cancel oleh maskapai, maka proses selanjutnya di informasikan ke RJM melalui email: ruslantravel@gmail.com
  • Pembatalan untuk refund bisa dilakukan maksimal kurang dari 2 jam sebelum jam keberangkatan atau setelah proses check in (now show gate), dikenakan refund fee besarnya tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai
  • Apabila dilakukan Refund jauh hari sebelum keberangkatan, refund fee yang dikenakan akan semakin kecil dan apabila dilakukan dekat dengan keberangkatan atau mungkin no show maka refund fee yang dikenakan akan semakin besar, pengembalian uang dari maskapai yang diterima menjadi kecil
  • Ada beberapa maskapai yang tidak mengijinkan refund kecuali disebabkan pembatalan sepihak oleh pihak maskapai. Maskapai-maskapai yang tidak mengijinkan refund adalah: AirAsia, Mandala Tigerair, Citilink
  • Kami akan menginformasikan kepada penumpang yang membeli tiket melalui aplikasi fastflight bila status maskapai tidak beroperasi (no-op). Mekanisme refund untuk "no-op" adalah penumpang mengirimkan scan KTP dan tiket serta pemberitahuan no rekening penumpang yang berangkat
  • Jangka waktu refund dari maskapai antara 1-3 bulan, besaran refund tergantung dari kebijakan maskapai masing-masing
  • INFANT tidak dikenakan refund fee
13. Istilah-istilah Penerbangan yang Perlu Diketahui
  • Accompanied: Ketika menggunakan harga anak & bayi, harus ditemani oleh orang dewasa yang membayar penuh sesuai tarif yang berlaku
  • Adult: Seseorang yang telah berusia di atas 12 tahun
  • Baggage Tag: Sebuah dokumen yang diterbitkan oleh suatu perusahaan penerbangan untuk memberi tanda dari bagasi penumpang. Juga untuk memberi tanda tertentu (apakah benda tersebut termasuk dalam kategori benda pecah belah) dari bagasi tersebut. Diberi nomor, sesuai dengan nomor yang ditempelkan pada tiket penumpang
  • Boarding Pass: Kartu yang diberikan kepada penumpang sebelum naik pesawat, Penumpang yang memegang boarding pass berarti proses check–in telah selesai dilakukan dan siap untuk naik pesawat sesuai dengan kelas, kompartemen dan nomor tempat duduk
  • Child: Seseorang yang telah berusia dua tahun sampai dengan dua belas tahun
  • Destination: Kota tujuan terakhir, biasanya yang paling jauh yang dikunjungi oleh penumpang
  • Direct Flight: Penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi, tanpa harus melakukan suatu pemberhentian diantara kedua kota tersebut
  • Fare: Jumlah biaya yang dibebankan oleh pengangkut bagi penumpang dan barang bawaannya yang diterbitkan secara umum kepada publik berdasrkan jenis kelas yang tertera
  • Go-show: Penumpang yang belum memiliki pembukuan sebelumnya dan bermaksud untuk pergi menggunakan pesawat dengan datang langsung ke bandara
  • Infant: Seseorang yang berusia 0-24 bulan
  • No-show: Penupang yang telah memiliki pembukuan dalam sebuah penerbangan yang tidak menggunakan pelayanan yang telah dipesannya atau kehilangan penerbangan lanjutannya
  • Passenger: Setiap orang kecuali awak kabin penerbangan yang diangkut dalam sebuah penerbangan
  • Ticketing time limit: Batas waktu dimana penumpang harus mengkonfirmasikan pemesanan ticketnya pada airline yang bersangkutan
  • Transit: Penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi dengan singgah terlebih dahulu di satu atau lebih kota sebelum akhir/Destination
14. Istilah Kode Alfabet Penerbangan
- A: Alpha
- B: Bravo
- C: Charlie
- D: Delta
- E: Echo
- F: Fanta
- G: Golf
- H: Hotel
- I: India
- J: Juliet
- K: Kilo
- L: Lima/London
- M: Mama
- N: November/Nancy
- O: Oscar
- P: Papa
- Q: Queen/Quebec
- R: Romeo
- S: Sierra
- T: Tango
- U: Ultra/Uniform
- V: Victor
- W: Whiskey
- X: X-Ray
- Y: Yankee
- Z: Zulu
 
 
15. Kode Maskapai Penerbangan Domestik/Internasional:
  • Garuda Indonesia : GA / GIA
  • Lion Air : JT / LNI
  • Indonesia AirAsia : QZ / AWQ
  • Sriwijaya Air : SJ / SJY
  • Citilink : QG / CTV
  • Merpati Airlines : MZ / MNA
  • Batik Air : ID / BTK
  • Trigana Air : TN / 3R
  • Mandala Tigerair : RI / MDL
  • KALSTAR Aviation : KD / KLS
  • Wings Air : IW / WON
  • xpress Air : XN / XAR
  • SKY Aviation : SY / SYA
  • TransNusa : MV