PT
Garuda Indonesia Tbk (GIAA) pada kuartal IV 2013 mendatang akan membuka
jalur penerbangan langsung dari Jakarta ke Osaka. Sebelumnya, maskapai
pelat merah ini sudah memiliki rute penerbangan Denpasar-Osaka.
“Penerbangan kami dari dan ke Jepang sangat positif sehingga secara
berkala kami mencari kota lain. Jepang juga pasarnya kuat makanya kita
tak hanya layani dari Jakarta tapi juga dari Denpasar,” ujar VP
Marketing Garuda Indonesia Djunadi Putra Satrio di Jakarta, Kamis
(15/8).
Tambahnya, Jepang merupakan pasar yang penting buat Garuda. Saat ini,
maskapai tersebut telah melayani tiga rute ke Jepang, yakni
Jakarta-Narita (Tokyo), Jakarta via Denpasar-Haneda (Tokyo) dan Jakarta
via Denpasar-Osaka. Ketiga penerbangan tersebut berlangsung setiap hari.
Sementara pada 19 Agustus mendatang, perseroan akan mengganti pesawat
rute Jakarta-Narita dan Denpasar-Narita dari sebelumnya Airbus A330
menjadi Boeing 777-300 ER. Untuk penerbangan ke Jepang, armada pesawat
Garuda tergolong baru. Rute Jakarta-Tokyo dilayani Airbus A330-200,
sementara rute Denpasar-Osaka menggunakan Airbus A330-300.
“Kami akan ganti ke pesawat terbaru dari Garuda yang dilengkapi
dengan layanan first class supaya pebisnis dan wisatawan rasakan
kenyamanan. Pesawat ini biasanya kami pakai ke Jeddah,” ucap Djunadi.
Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar
mengatakan, permintaan pembukaan jalur tersebut cukup besar. Bahkan saat
ini kunjungan warga Jepang ke Indonesia sudah jauh semakin banyak
sekitar 500.000 orang per tahun, meskipun masih di bawah angka tahun
2002 sebelum teror bom Bali Oktober 2002 yang mencapai sedikitnya
650.000 orang per tahun.
“Kami lihat jumlah penumpang Garuda dari Jepang ke Indonesia sangat
banyak, selalu penuh, baik di kelas Ekonomi maupun kelas Bisnis. Tetapi
untuk kunjungan dari Indonesia ke Jepang masih sedikit, khususnya orang
Indonesia, masih seperlima dari kunjungan orang Jepang ke Indonesia,”
paparnya.
Untuk itu Emir akan mencoba mengampanyekan lebih lanjut di tengah
perkembangan perekonomian Indonesia yang semakin baik dewasa ini, agar
semakin banyak lagi kunjungan warga Indonesia ke Jepang. Salah satu
promosi yang dilakukan Garuda adalah dengan Gowes, tur bersepeda ke
Jepang yang dilakukan setiap tahun sekali.
Di sisi lain, untuk menjaring penumpang ke Jepang, Garuda bekerja
sama dengan biro-biro perjalanan wisata. “Kami kerjasama dengan agen
perjalanan baik dari Indonesia maupun Jepang,” kata Djunadi.
(Suara Pembaruan)